Minggu, 09 Oktober 2011

Perilaku Konsumen dalam Menentukan Keputusan Pembelian untuk Produk Sepatu


KEPUASAN MEMILIH PRODUK SEPATU BAGI KONSUMEN
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Industri usaha bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat dan ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi dan ketat. Walaupun usaha industri sepatu ini mengalami masa surut beberapa tahun belakangan, Keadaan tersebut menyebabkan perusahaan pada umumnya berusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup, mengembangkan perusahaan, memperoleh laba optimal serta dapat memperkuat posisi dalam menghadapi perusahaan pesaing dimana untuk mencapai tujuan tersebut tidak terlepas dari usaha pemasaran yang harus dipikirkan dan direncanakan sebelum produk. Menyadari hal itu, pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan. namun sekarang industri ini telah menunjukkan perbaikan yang signifikan dan cukup menjanjikan di masa yang akan datang.
Banyaknya usaha Industri sepatu di Indonesia kini telah tumbuh dan berkembang khususnya sepatu. Salah satu indikasinya dapat dilihat dari prediksi sejumlah pelaku usaha tentang permintaan sepatu di dalam negeri akan mencapai 300 juta pasang setiap tahunnya. Hal inilah yang menjadi motivasi para pelaku industri sepatu untuk tetap eksis dan bertahan ketika industri sepatu mengalami penurunan (Handoko, 2006).
Adidas merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam permintaan sepatu di Indonesia. PT. Nusantara Sportindo yang merupakan salah satu distributor produk sepatu Adidas di Indonesia yang kantor pusatnya berlokasi di Margonda, Depok.
B. Identifikasi Masalah
1.      Bagaimana terciptanya kepuasan memilih produk adidas
2.      Bagaimana cara mengatasi persaingan dan tetap eksis dipasaran

C. Pembatasan Masalah
1.      terciptanya kepuasan konsumen memilih produk adidas
2.      cara-cara mengatasi persaingan dan tetap eksis dipasaran

D. Rumusan Masalah
1.      Bagaimana prilaku konsumen terciptanya kepuasan memilih produk adidas
2.      Bagaimana PT. Nusantara Sportindo cara mengatasi persaingan dan tetap eksis dipasaran


BAB 2
PEMBAHASAN
Dalam hal ini, sepatu adidas menjadi icon yang sangat berpengaruh bagi masyarakat karena sifat dan karakter masyarakat Indonesia senang mengikuti perkembangan gaya / style hidup yang biasa disebut trendy yaitu biasa membeli produk yang termahal, termewah, terbaru dan terpopuler.
masyarakat Indonesia beranggapan bahwa dengan menggunakan produk buatan luar negeri maka dapat meningkatkan gengsi dirinya. (Sujarwo, 2005).
Hasil penelitian yang dilakukan PT. Nusantara Sportindo  menunjukan bahwa karakteristik responden dalam penelitian ini sebagian besar (85%) berjenis kelamin laki-laki dan berusia 20-24
tahun (40%), serta dengan status belum menikah (85%). Sebagian besar (47%) adalah pelajar dan pendidikan terakhir di dominasi oleh lulusan SMA (34%) dengan pendapatan sebagian besar (28%) Rp. 2.500.000 per bulan. Pada tahap pengenalan kebutuhan, alasan utama konsumen menggunakan produk Adidas adalah mutu yang sesuai (67%). Pencarian informasi, sumber informasinya adalah dari iklan televisi. Evaluasi alternatif, yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk adalah kenyamanan yang dipakai. Proses pembelian, tempat
konsumen membeli produk Adidas adalah toko Adidas yang dipengaruhi diri sendiri, dengan produk yang sering dibeli adalah sepatu. Pada pasca pembelian, konsumen merasa puas dengan produk Adidas, sehingga produk Adidas tetap menjadi pilihan konsumen karena daya tahan produknya (26%) disbanding produk-produk lainnya. Faktor-faktor yang terbentuk dinamakan faktor pengaruh lingkungan dan gaya hidup (budaya, keluarga, teman, kelas sosial dan gaya hidup), faktor perbedaan individu (pendapatan, motivasi dan pengetahuan), faktor karakteristik konsumen dan lingkungan kerja (lingkungan kerja, usia dan jenis kelamin), faktor situasi dan manfaat (situasi dan manfaat). Dari model sikap Fishbein, didapatkan sikap konsumen terhadap produk Adidas berada dalam kategori baik.

TUJUAN
Makalah ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak pemakai produk sepatu Adidas di daerah Depok. Dan juga unuk menambah wawasan dan informasi para pembaca, khususnya para mahasiswa jurusan manajemen, fakultas ekonomi universitas gunadarma.


BAB 3
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan menunjukan bahwa menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk adalah kenyamanan yang dipakai. Adidas menjadi icon pilhan konsumen karena daya tahan produknya yang baik dan konsumen merasa puas menggunakannya.

Saran
Melihat pangsa pasar adidas yang sangat luas dan juga diminati banyak kalangan bukan hannya orang dewasa saja tetapi lulusan SMA pun turut meramaikan pembelian tersebut. Karna pembelian sepatu adidas ini didominani oleh lulusan SMA maka  PT. Nusantara Sportindo ini harus lebih banyak dan berani mengeluarkan model-model baru dan tampil beda dengan bran-bran lainya.

DAFTAR PUSTAKA
http://elibrary.mb.ipb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=mbipb-12312421421421412-widyajayar-595




Tidak ada komentar:

Posting Komentar