KEPUASAN MEMILIH PRODUK SEPATU BAGI
KONSUMEN
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Industri usaha bisnis dalam era
globalisasi saat ini semakin pesat dan ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang
semakin tinggi dan ketat. Walaupun
usaha industri sepatu ini mengalami masa surut beberapa
tahun belakangan,
Keadaan
tersebut menyebabkan perusahaan pada umumnya berusaha untuk mempertahankan
kelangsungan hidup, mengembangkan perusahaan, memperoleh laba optimal serta
dapat memperkuat posisi dalam menghadapi perusahaan pesaing dimana untuk
mencapai tujuan tersebut tidak terlepas dari usaha pemasaran yang harus
dipikirkan dan direncanakan sebelum produk. Menyadari hal itu, pemasaran merupakan
salah satu kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan. namun sekarang
industri ini telah menunjukkan perbaikan yang signifikan dan cukup menjanjikan
di masa yang akan datang.
Banyaknya
usaha Industri sepatu di Indonesia kini telah tumbuh dan berkembang khususnya sepatu.
Salah satu indikasinya dapat dilihat dari prediksi sejumlah pelaku usaha tentang
permintaan sepatu di dalam negeri akan mencapai 300 juta pasang setiap
tahunnya. Hal inilah yang menjadi motivasi para pelaku industri sepatu untuk
tetap eksis dan bertahan ketika industri sepatu mengalami penurunan (Handoko,
2006).
Adidas
merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam permintaan sepatu di Indonesia. PT. Nusantara Sportindo yang
merupakan salah satu distributor produk
sepatu Adidas di Indonesia yang kantor pusatnya berlokasi di Margonda,
Depok.
B.
Identifikasi Masalah
1. Bagaimana
terciptanya kepuasan memilih produk adidas
2. Bagaimana cara
mengatasi persaingan dan tetap eksis dipasaran
C.
Pembatasan Masalah
1. terciptanya
kepuasan konsumen memilih produk adidas
2. cara-cara mengatasi
persaingan dan tetap eksis dipasaran
D.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana
prilaku konsumen terciptanya kepuasan memilih produk adidas
2. Bagaimana PT. Nusantara Sportindo cara mengatasi persaingan dan tetap eksis
dipasaran
BAB
2
PEMBAHASAN
Dalam
hal ini, sepatu adidas menjadi icon
yang sangat berpengaruh bagi masyarakat karena sifat dan karakter masyarakat
Indonesia senang mengikuti perkembangan gaya / style hidup yang biasa disebut trendy yaitu biasa membeli produk yang termahal, termewah, terbaru
dan terpopuler.
masyarakat
Indonesia beranggapan bahwa dengan menggunakan produk buatan luar negeri maka
dapat meningkatkan gengsi dirinya. (Sujarwo, 2005).
Hasil penelitian yang dilakukan PT. Nusantara Sportindo menunjukan bahwa karakteristik responden dalam penelitian ini sebagian besar (85%) berjenis kelamin laki-laki dan berusia 20-24
Hasil penelitian yang dilakukan PT. Nusantara Sportindo menunjukan bahwa karakteristik responden dalam penelitian ini sebagian besar (85%) berjenis kelamin laki-laki dan berusia 20-24
tahun (40%), serta dengan
status belum menikah (85%). Sebagian besar (47%) adalah pelajar dan pendidikan
terakhir di dominasi oleh lulusan SMA (34%) dengan pendapatan sebagian besar
(28%) Rp. 2.500.000 per bulan. Pada tahap pengenalan kebutuhan, alasan utama
konsumen menggunakan produk Adidas adalah mutu yang sesuai
(67%). Pencarian informasi, sumber informasinya adalah dari iklan televisi.
Evaluasi alternatif, yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk adalah kenyamanan yang dipakai. Proses pembelian, tempat
konsumen membeli produk Adidas adalah toko Adidas yang dipengaruhi diri sendiri,
dengan produk yang sering dibeli adalah sepatu. Pada pasca pembelian, konsumen merasa puas dengan
produk Adidas, sehingga produk Adidas tetap menjadi
pilihan konsumen karena daya tahan produknya (26%) disbanding produk-produk
lainnya. Faktor-faktor yang terbentuk dinamakan faktor pengaruh lingkungan dan
gaya hidup (budaya, keluarga, teman, kelas sosial dan gaya hidup), faktor
perbedaan individu (pendapatan, motivasi dan pengetahuan), faktor karakteristik
konsumen dan lingkungan kerja (lingkungan kerja, usia dan jenis kelamin),
faktor situasi dan manfaat (situasi dan manfaat). Dari model sikap Fishbein,
didapatkan sikap konsumen terhadap produk Adidas berada dalam kategori
baik.
TUJUAN
Makalah
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak pemakai produk sepatu Adidas di
daerah Depok. Dan juga unuk menambah wawasan dan informasi para pembaca,
khususnya para mahasiswa jurusan manajemen, fakultas ekonomi universitas
gunadarma.
BAB
3
KESIMPULAN
DAN SARAN
Kesimpulan
Dari
uraian diatas dapat disimpulkan menunjukan bahwa menjadi pertimbangan konsumen dalam
membeli produk adalah kenyamanan yang dipakai. Adidas
menjadi icon pilhan konsumen karena
daya tahan produknya yang baik dan konsumen merasa puas menggunakannya.
Saran
Melihat
pangsa pasar adidas yang sangat luas dan juga diminati banyak kalangan bukan
hannya orang dewasa saja tetapi lulusan SMA pun turut meramaikan pembelian
tersebut. Karna pembelian sepatu adidas ini didominani oleh lulusan SMA maka PT. Nusantara Sportindo ini harus lebih banyak dan berani mengeluarkan model-model baru dan
tampil beda dengan bran-bran lainya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://elibrary.mb.ipb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=mbipb-12312421421421412-widyajayar-595
Tidak ada komentar:
Posting Komentar