Minggu, 13 Maret 2011

Beberapa Paham (isme) yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat di Indonesia

Beberapa Paham (isme) yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat di Indonesia

Kapitalisme atau Kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.
Segi positif tumbuhnya kapitalisme:
• Lahirnya tenaga kerja bermutu / professional.
• Kemajuan dibidang pendidikan yang mengikuti perkembangan jaman / teknologi.
• Baik produsen maupun konsumen saling diuntungkan.
Segi negatif dari tumbuhnya kapitalisme:
• Modal kecil dimakan oleh modal besar.
• Memungkinkan lahir monopoli sehingga orang kecil makin kehilangan hak asasi.
• Mentalitas yang belum siap(bersaing tanpa menjatuhkan lawan).

Komunisme
Paham yang mencita-citakan kehidupan harmoni antara kaum kapitalisme dan kaum buruh. Dalam membangun kehidupan masyarakat yang harmoni hendaknya mendasari kehidupan masyarakat berbasis komunitas. Dan melalui komunitas ini mereka berjuang memperbaiki kesejahteraan bersama. (mereka kaum komunis) berpendapat tidak ada milik pribadi, tetapi milik bersama. Adapun komunitas mayoritas adalah kaum buruh / kecil. Tokoh komunisme adalah Karl Marx. Orang yang sangat peduli akan kesejahteraan kaum buruh / kaum kecil. Marx berpendapat Negara akan maju jika sebagian besar rakyatnya sejahtera.
Liberlisme
Liberlisme adalah falsafah politik yang menekankan unsure kebebasan individu yang dianggap sangat bernilai dan peran Negara dalam melindungi hak-hak warga negaranya.
Liberalisme adalah paham yang mementingkan:
• Hak milik seseorang.
• Kebebasan dalam mengelola hak miliknya dengan baik.
John Locke menyatakan bahwa bahwa manusia memiliki 3 hak kodrat :
1. Life : hidup layak sebagai manusia
2. Freedom : bebas berbuat sesuatu, berdasarkan rasional dengan tujuan kebaikan lebih dari hari kemarin dan tidak merugikan bagi orang lain.
3. Property : hak untuk memiliki tempat tinggal yang layak dari usahanya sendiri (bila ada kekurangan Negara membantunya).

Segi positif dari liberalisme :
• Setiap manusia memiliki hak milik yang dilindungi dan dihormati.
• Setiap manusia diberi kesempatan mengelola hak miliknya demi memenuhi kebutuhan hidup.
• Mengupayakan (memelihara alam.

Segi negatife dari liberalisme :
• Melahirkan orang-orang yang sifatnya individualis / egoism yang kuat. (namun bukan manusia memakan manusia lain / homohomini lupus).
• Kebebasan yang diberikan mudah disalah gunakan untuk tindakan tak bertanggung jawab.

Sekularisme
Sekularisme dalam penggunaan masa kini secara garis besar adalah sebuah ideologi yang menyatakan bahwa sebuah institusi atau badan harus berdiri terpisah dari agama atau kepercayaan. Sekularisme dapat menunjang kebebasan beragama dan kebebasan dari pemaksaan kepercayaan dengan menyediakan sebuah rangka yang netral dalam masalah kepercayaan serta tidak menganakemaskan sebuah agama tertentu.
Alasan-alasan pendukungan dan penentangan sekularisme
Pendukung sekularisme menyatakan bahwa meningkatnya pengaruh sekularisme dan menurunnya pengaruh agama di dalam negara tersekularisasi adalah hasil yang tak terelakan dari Pencerahan yang karenanya orang-orang mulai beralih kepada ilmu pengetahuan dan rasionalisme dan menjaduh dari agama dan tahayul.
Penentang sekularisme melihat pandangan diatas sebagai arrogan, mereka membantah bahwa pemerintaan sekular menciptakan lebih banyak masalah dari paa menyelesaikannya, dan bahwa pemerintahan dengan etos keagamaan adalah lebih baik. Penentang dari golongan Kristiani juga menunjukan bahwa negara Kristen dapat memberi lebih banyak kebebasan beragama daripada yang sekular. Seperti contohnya, mereka menukil Norwegia, Islandia, Finlandia, dan Denmark, yang kesemuanya mempunyai hubungan konstitusional antara gereja dengan negara namun mereka juga dikenal lebih progresif dan liberal dibandingkan negara tanpa hubungan seperti itu. Seperti contohnya, Islandia adalah termasuk dari negara-negara pertama yang melegal kan aborsi, dan pemerintahan Finlandia menyediakan dana untuk pembangunan masjid
Sosialisme
Sosialisme adalah paham yang mengatakan manusia yang memerlukan manusia lain untuk menjadi manusia.
Sosialisme melahirkan rasa setiakawan yang kuat dalam masyarakat, sehingga memiliki Negara / lembaga menjadi milik bersama.
Segi positif sosialisme:
• Rakyat dihargai, sehingga rakyat ikut mengawasi jalannya roda pemrintah.
• Membangun untuk tumbuhnya rasa memiliki Negara dihati rakyat, sehingga masyarakat ikut bertanggung jawab mati hidupnya pemerintah.

Segi negatifnya sosialisme:
• Hak person kurang dihargai
• Setiap pribadi tidak bisa mengklaim keberhasilannya, sebab keberhasilan milik bersama. (hilangnya rasa kebanggaan pribadi).



Fanatisme
Fanatisme lebih dari sekedar antusiasme dan keyakinan dan seyakin-yakinnya bahwa perspektif sebuah kaum adalah prespektif sentral, dalam arti satu-satunya perspektif yang benar atau satu-satunya perspektif yang paling benar.
Ilustrasi
Pada hari jum”at, 23 oktober 1998, dimusim gugur, Bernett A Slepian, seorang dokter, sedang menyiapkan sup hangat buat makan malam di dapur rumahnya di kawasan Amherst, New York. Baru dua hari sebelumnnya, 21 Oktober, usianya genap 52 tahun, tiba-tiba peluru menerjang menerjang pundaknya. Dokter malang itu ambruk bersimbah darah dan menghembuskan nafasnya yang terakhir. Dokter Slepian bukanlah korban salam tembak atau peluru nyasar. Sama sekali bukan! Anti aborsi fanatik, yang ironisnya menyebut diri pro-life . namanya James Charles Kopp melarikan diri dari TKP, tertangkap di Prancis, lalu diekstradisi di Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar